Monday, April 9, 2012

Cara sederhana mempertajam daya ingat



Seiring dengan bertambahnya usia, daya ingat seseorang semakin berkurang. Hal ini wajar karena semakin tua, sel-sel otak manusia semakin berkurang kemampuannya. Akan tetapi ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan daya ingat.
1.      Makanan
Asupan makanan berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang. Minyak ikan telah dikenal banyak orang dapat mempertajam daya ingat. Ada bahan makanan lainnya yang juga dapat mempertajam daya ingat, misal bahan berwarna merah dan ungu seperti blueberry , buah bit, dan bawang merah. Bahkan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang dan kacang polong juga
bermanfaat menjaga kesehatan otak.
2.      Air Putih
Fakta menunjukkan bahwa semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup, tidak terkecuali otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.
3.      Tidur Cukup
Tidur di butuhkan agar sel-sel tubuh beristirahat dan beregenerasi, termasuk sel-sel otak. Waktu tidur tidak harus lama, yang penting kualitas tidurnya. Tidur yang baik adalah tidur yang sehat dan berkualitas. Ketika bangun tidur badan dan fikiran Anda fresh, menandakan tidur Anda berkualitas. Oleh sebab itu, ciptakan kerjasama yang bagus antara fisik dan mental agar tidur Anda sehat dan berkualitas.
4.      Santai
Beban pelajaran yang terlalu berat membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Beristirahatlah sejenak ketika merasa sulit berkonsentrasi atau pikiran Anda penat. Selama beristirahat  lakukan kegiatan ringan seperti membaca buku atau mendengarkan lagu kesukaan Anda untuk memulihkan kerja otak.
5.      Olahraga
Latihan fisik seperti jogging dan aerobik dapat merangsang perbaikan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan meningkatkan aliran oksigen ke otak yang sangat bermanfaat untuk mempertajam kemampuan berpikir.
6.      Bertamasya Ke Masa Lalu
Melihat kembali hal-hal pada masa lalu secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang . Misal saat pulang kampung, cobalah memunculkan kembali kenangan masa kecil.
7.      Berpikir
Saat menghadapi ujian terkadang pikiran menjadi tegang. Akibatnya Anda susah menjawab soal-soal ujian, padahal semalam materi itu telah Anda baca. Hal itu sangat menjengkelkan, bukan? Jangan panik! Ada cara mudah mengatasi hal itu. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan seperti jenis buah-buahan, jenis olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktifitas sederhana ini terbukti mampu membantu Anda untuk lebih cepat mengingat hal penting yang Anda lupakan.
8.      Berpikir Lewat Gambar
Gambar dapat mewakili lebih dari 1.000 kata. Ungkapan itu tidak salah. Anda akan lebih mudah mengingat materi pelajaran jika dibantu gambar. Gambar di sini tidak saja berupa ilustrasi, tetapi dapat berupa diagram, table, atau skema.
9.      Senam Otak
Sepeti halnya sel-sel otot, sel-sel otak perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misalnya menyebutkan judul lagu-lagu lama, mengingat bait puisi tertentu, atau menyebutkan 10 barang yang ada di kulkas.
10.   Permainan Asah Otak
Sepertinya kurang kerjaan jika melihat orang sedang mengisi teka-teki silang. Namun, tahukah Anda kegiatan itu ternyata sangat bermanfaat? Kegiatan mengisi teka-teki silang yang tersedia di Koran atau memainkan Sudoku bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

0 comments:

Post a Comment