Monday, April 9, 2012

Tips belajar pintar



SKS atau sistem kebut semalam merupakan cara belajar yang tidak efektif . Boro-boro memahami materi, justru rasa kantuk yang akan Anda dapat. Ujung – ujungnya nilai ulangan yang Anda peroleh pun belum tentu bagus. Belajar yang teratur merupakan pilihan terbaik untuk mempersiapkan ulangan. Nah, agar belajar Anda efektif, ikuti tips berikut ini.
1.      Jangan Sekadar Menghafal, Tetapi Memahami
Tidak ada jeleknya Anda hafal 100% materi yang dipelajari. Akan tetapi, memahami materi justru lebih penting dari pada sekadar hafal materi. Usahakan untuk memahami terlebih dahulu garis besar materi pelajaran, sebelum memulai menghafal.
2.      Membaca Adalah Kunci Belajar
Otak dapat menyimpan materi dengan baik setelah otak mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali. Oleh karena itu, bacalah materi baru minimal dua kali, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Setelah otak mengolah materi tersebut sebanyak
tiga kali ( sebelum belajar, saat belajar, dan setelah belajar ) maka otak kita dapat merekam materi tersebut dengan baik.
3.      Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran
Membuat ringkasan materi dalam bentuk pokok-pokok  pelajaran akan mempermudah Anda belajar. Pokok-pokok pelajaran inilah yang nanti berguna ketika Anda mengulang pelajaran saat mempersiapkan ujian.
4.      Memuat Kata-Kata Kunci Atau Jembatan Keledai
Ada kalanya Anda terpaksa harus menghafal materi pelajaran yang banyak, missal materi klasifikasi pada pelajaran biologi. Ada cara pintar untuk menyiasati hal ini. Butlah kata-kata kunci dari setiap hafalan, supaya mudah diingat oleh otak. Misal, kata kunci untuk warna-warna pelangi adalah MEJIKUHIBIU, singkatan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu.
5.      Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar
Waktu yang tepat untuk belajar tidak sama bagi setiap orang. Mulailah belajar ketika tubuh dan pikiran, Anda merasa fresh, biasanya sore hari setelah mandi atau pagi hari setelah bangun tidur.  Anda dapat berkonsentrasi penuh pada saat tubuh dan pikiran Anda fresh.
6.      Menciptakan Suasana Yang Nyaman Untuk Belajar
Ukuran suasana nyaman untuk belajar juga berbeda bagi setiap orang. Ada yang nyaman belajar jika suasana tenang dan tanpa suara. Ada sebagian yang nyaman belajar sambil mendengarkan musik. Kalau sedang bosan di kamar, Anda bisa belajar di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktifitas belajar Anda mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
7.      Membentuk Kelompok Belajar
Belajar sendirian di rumah terkadang terasa membosankan. Solusinya, Anda bisa membentuk kelompok belajar. Namun ingat, jangan mengajak banyak karena aktifitas belajar bisa menjadi tidak efektif. Buatlah kelompok belajar maksimal terdiri dari lima orang. Banyak cara belajar kelompok, misal Anda dapat membagi materi untuk dipelajari oleh setiap anggota kelompok. Setelah itu, setiap anggota kelompok secara bergilir menerangkan materi yang telah dikuasainya. Anda juga dapat melanjutkan kegiatan dengan saling membuat pertanyaan yang saling ditujukan kepada teman-teman Anda.
8.      Mengukur Kemampuan
Umumnya pada setiap akhir bab terdapat soal-soal latihan. Nah, kerjakan soal-soal tersebut untuk mengukur sejauh mana pemahaman Anda terhadap materi yang telah dipelajari. Jangan cepat menyerah dalam mengerjakan soal-soal itu, kerjakan dengan seluruh kemampuan Anda.
9.      Mengembangkan Materi Yang Sudah Dipelajari
Jika Anda sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum tersurat dalam soal latihan kemudian jawablah sendiri. Jika belum puas, cobalah membaa buku referensi lain atau internet untuk mencari jawabannya. Cara ini mengajak Anda untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10.   Menyediakan Waktu Beristirahat
Sel-sel otak tidak boleh dipaksakan untuk belajar terus menerus, harus ada jeda waktu untuk beristirahat. Oleh karena itu, setelah Anda belajar selama 30-45 menit sediakan waktu untuk beristirahat. Demikian juga saat pelajaran di kelas, gunakan sebaik-baiknya waktu istirahat untuk melemaskan badan dan pikiran.

0 comments:

Post a Comment